PERSPEKTIF TENAGA KEFARMASIAN TERHADAP LABELISASI HALAL PADA SEDIAAN FARMASI DI INSTALASI FARMASI RST DR. SOEDJONO MAGELANG

DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v8i3.280

Farroh Bintang Sabiti(1*), Hermanto Hermanto(2), F. Herman(3)

(1) Universitas Islam Sultan Agung
(2) Universitas Islam Sultan Agung
(3) RST dr. Soedjono Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract


Persepsi adalah proses sensasi yang diterima seseorang diseleksi, diorganisasi dan diinterpretasikan. Proses terjadinya persepsi yang diterima setiap individu adalah input sensorik (informasi) yang diterima oleh manusia berupa data mentah yang memiliki bermacam-macam stimulus pada diri seseorang. Persepsi dari setiap individu terhadap stimulus atau informasi berbeda-beda tergantung cara pandang individu terhadap segala sesuatu. Perbedaan persepsi tersebut dibentuk oleh faktor internal dan faktor eksternal. Label halal adalah tanda kehalalan suatu produk. Tanda kehalalan produk di Indonesia berupa sebuah logo dengan tulisan arab yang membentuk tulisan halal dalam sebuah lingkaran yang ada pada kemasan produk. Selain sebagai logo, tulisan halal yang terdapat pada kemasan produk memiliki makna bahwa produk tersebut telah memenuhi standar syariat Islam, terbebas unsur-unsur yang tidak suci, dan prosesnya tidak terkontaminasi dengan hal-hal yang dilarang syariat. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tentang persepsi tenaga kefarmasian di RST dr. Soedjono Magelang terhadap labelisasi halal pada sediaan farmasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Rancangan penelitian dilakukan dengan Cross Sectional populasi dan sampel penelitian ini adalah tenaga kefarmasian RST dr. Soedjono Magelang sebanyak 37 responden dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Data dianaslisis mengunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat persepsi tenaga kefarmasian terhadap sediaan farmasi di instalasi RST dr. Soedjono Magelang sebesar 68% termasuk dalam kategori sangat baik dan sebesar 32% termasuk dalam kategori baik. Dapat simpulkan bahwa tingkat persepsi tenaga kefarmasian terhadap labelisasi halal pada sediaan farmasi di instalasi farmasi RST dr. Soedjono Magelang termasuk dalam kategori sangat baik.


Keywords


Labelisasi halal; Perspektif; Tenaga Kefarmasian

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 18 times | PDF files downloaded : 6 times

References


Amin. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting Dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal IlmiahMatematika. Volume 2, Nomor 6, Hal. 32-42.

Dharmawati & Wirata. (2016). Hubungan Tingkat Pendidikan, Umur dan Masa Kerja Dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Guru Penjaskes SD di Kecamatan Tampak Siring Gianyar. Jurnal Kesehatan Gigi, Volume 4, hal. 1-5.

Erniza Pratiwi, Fina Aryani, Yulia Indri Yani, & R. S. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Mahasiswa Farmasi Di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau.

Karimah, I. (2015). Perubahan Kewenangan Lembaga-Lembaga yang Berwenang dalam Proses Sertifikasi Halal. Journal of Islamic Law Studies, Sharia Journal. 1(1): 107-131.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2017). Kementerian Agama Dalam Angka Tahun 2016.

Mubarak. (2011).Promosi Kesehatan Masyarakat untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba.

Normasilla. (2022). Pengetahuan, Persepsi dan Sikap Masyarakat Muslim di Kabupaten Magetan Terhadap Obat Halal. J Islamic Pharm Volume 7(1) p24-36.

Notoatmodjo. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Rineka Cipta.

Rahem, A. (2018). Identifikasi Kandungan Alkohol Dalam Obat Di Apotik MelaluiPengamatan Pada Kemasan Sekunder. Journal of Halal Product and Research Vol. 01No.02, Mei-November 2018.

Rahem, A. (2019). Sikap Pasien Terhadap Konten Alkohol Dan Kehalalan Pada ObatBatuk.Journal of Halal Product and Research.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Trisnawati, A., Kusuma A.M. (2017). Tingkat Pengetahuan, Sikap, Dan Persepsi Tenaga Kesahatan Terhadap Kehalalan Obat Di Rumah Sakit Kabupaten Banyumas. JIF Farmasyifa. Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa Volume 1 No 1 halaman 1 – 12




DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v8i3.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

Google Scholar OneSearch Garuda Ristekdikti PKP Index Crossref

Copyright of Cendekia Journal of Pharmacy. ISSN: 2599-2163 (Print) dan 2599-2155 (Online).

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 2.0 Generic License. Web
Analytics View My Stats