Efek Hipoglikemik Fraksi Etil Asetat dan Air Ranting Buah Parijoto (Medinilla speciosa Blume) pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar dengan Metode Induksi Aloksan

DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v3i2.56

Endra Pujiastuti(1*), Annik Megawati(2)

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Jumlah penderita Diabetes Mellitus yang semakin meningkat, menempatkan Indonesia di posisi ke-4 di dunia setah India, Cina dan Amerika serikat. Tahun 2000, Indonesia terdapat 8,4 juta penderita Diabetes Mellitus dan diperkirakan akan terus bertambah menjadi 21,3juta pada tahun 2030 (Soegondo dkk, 2009).Indonesia sebagai Negara dengan kekayaan alam yang melimpah, diantaranya dari segi tanaman obat sehinnga banyak digunakan sebagai altenatif obat, salah satuanya untuk menurunkan kadar glukosa darah (Soriton, 2014).Salah satu tanaman obat berasal dari kearifan lokal Desa Colo kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yaitu parijoto (Medinilla speciosa  Blume). Tanaman parijoto mengandung  tanin, flavonoid dan glikosida pada buahnya, serta didapatkan hasil ekstrak buah parijoto memenuhi standar mutu dengan kadar flavonoid total 156 mg/RE serta memiliki aktivitas antioksidan (Wachidah, 2013).  Penelitian ini bertujuan mengetahui efek hipoglikemia fraksi etil asetat dan air Ranting Buah Parijoto (Medinilla speciosa  Blume) pada Tikus Putih jantan galur Wistar Dengan Metode Induksi Aloksan, mengetahui perbedaan efek hipoglikemik fraksi etil asetat dan air Ranting Buah Parijoto (Medinilla speciosa  Blume) pada Tikus Putih jantann galur Wistar Dengan Metode Induksi Aloksan. Jenis penelitian adalah eksperimental laboratorik dengan menggunakan induksi aloksan pada tikus putih jantan galur wistar dan mengakibatkan rusaknya sel beta pancreas sehingga terjadi peningkatan kadar glukosa darah pada tikus putih jantan galur wistar. Dimana sebelum diberikan aloksan hewan uji dipuasakan terlebih dahulu dan di periksa kadar darah nya. Pemberian fraksi etil asetat dan air ranting buah parijoto pada dosis 25, 50 dan 100 mg/Kg BB diberikan setelah tikus mengalami Peningkatan Kadar glukosa darah dan dikatakan diabetes mellitus dengan harapan dapat menurunkan kadar glukosa darah. Data diuji menggunakan one way ANOVA untuk mengetahui adanya perbedaan antar perlakuan.hasil yang diperoleh dari uji one way ANOVA didapat nilai signifikan 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antar kelompok perlakuan.Dilanjutkan uji Post Hoc LSD dengan hasil P>0.05 arti nya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemberian fraksi air dengan etilasetat ranting buah parijoto pada tikus wistar yang diinduksi aloksan.

Keywords


Medinilla Speciosa Blume; Aloksan; Kadar glukosa darah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 403 times | PDF files downloaded : 492 times

References


Febrilian, O. V., & Pujiastuti, E. (2017). Uji Efektivitas Ekstrak Buah Parijoto (Medinilla speciosa Blume) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Tikus Putih Wistar yang dibebani Sukrosa. PROSIDING HEFA, p. 341–346.

Oliviany, W., W, C. E., & Pratama, G. B. (2009). Pemanfaatan Efek Kombinasi Ekstrak Biji Buah Alpukat (Persea americana) dengan Ekstrak Rumput Laut (Eucheuma spinosum) dalam Menurunkan Kadar Glukosa Darah pada Diabetes Mellitus. Departemen Riset R’nB Production, p.1-36.

Rahman, S., Kosman, R., & Rahmaniar, I. (2014). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Daun Sirsak (Annona muricata L) Pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Diabetes Melitus Yang Diinduksi Aloksan Dengan Parameter Malondialdehid (MDA), 06(01), 34–42

Saparinto, C., & Susiana, R. (2016). Grow Your Own Medical Plant - Panduan Praktis Menanam Tanaman Obat Populer di Pekarangan, ed. I. Lili Publisher: Yogyakarta.

Soegondo, A., Soewondo, P., & Subekti, I. (2009).Penataklaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu ed.2. Balai Penerbit FKUI: Jakarta.

Soriton, H., Yamlem, P. V. Y., & Widya Astuti Lolo.(2014). Uji Efektivitas EkstrakEtanol Daun Tapak Dara (Catharantus roseus (L.) G.Don) terhadap Penurunana kadar Glukosa Darah Tikus Putih Jantan Galur Wistar (Rattus norvegicus L.) Diinduksi Sukrosa. PHARMACON,vol. 3(3), p. 162–169

Wibowo, H. A., Wasino, & Setyowati, D. L. (2012).Kearifan Lokal dalam Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat di Desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.Journal of Educational Social Studies, vol. 1(1). p. 25-30.




DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v3i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.