POTENSI GEL ANTIACNE EKSTRAK BUAH PARIJOTO (Medinilla speciosa Blume) TERHADAP BAKTERI PENYEBAB JERAWAT Propionibacterium acnes DAN Staphylococcus epidermis

DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v2i2.26

Lilis Sugiarti(1*), Ayun Muzlifah(2)

(1) STIKES Cendekia Utama Kudus
(2) STIKES Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Jerawat merupakan suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar minyak dalam kulit sehingga mengalami peradangan. Bakteri yang memicu peradangan pada kulit yaitu bakteri Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermis. Buah parijoto memiliki kandungan senyawa seperti tanin, saponin, flavonoid, dan glikosida dan memiliki kemampuan sebagai antibakteri. Pada penelitian ini ekstrak buah parijoto diformulasikan dalam bentuk sediaan gel karena gel dapat menghantarkan obat dengan baik ke kulit. Aktivitas antibakteri dilakukan menggunakan metode sumuran dengan berbagai konsentrasi. Sebagai kontrol negatif digunakan DMSO (sebagai pelarut gel), dan sebagai kontrol positif digunakan gel antiacne merk “X†dengan kandungan bahan aktif alkohol. Evaluasi sediaan meliputi pemeriksaan organoleptis seperti bau, warna, bentuk serta homogenitas, pH, dan pengujian daya sebar. Dalam sediaan gel ekstrak buah parijoto memiliki aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermis. Sediaan gel ektrak buah parijoto dengan berbagai konsentrasi ekstrak  (6,25%, 12,5%, 25%, 50%, dan 100 %) menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap Propionibacterium acnes (p=0,000) dan Staphylococcus epidermis (p=0,002). Hasil evaluasi karakteristik gel antiacne ekstrak buah parijoto menunjukkan pH sediaan memenuhi persyaratan, gel berwarna coklat kehijauan, memiliki homogenitas dan daya sebar yang baik.

 

Kata kunci : Antibakteri, Medinilla speciosa Blume, Propionibacterium acnes, Staphylococcus epidermidis, Gel antijerawat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 1241 times | PDF files downloaded : 1586 times


DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v2i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.