Pengaruh Health Literacy melalui Media Brosur tentang Pengobatan Gastritis terhadap Pengetahuan Warga di Desa Muktiharjo Kabupaten Pati

DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v5i1.138

Yulia Pratiwi(1*), Ivan Esmu Aji(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cendekia Utama Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Gastritis merupakan penyakit peradangan pada mukosa lambung. Di indonesia pada tahun 2010 gastritis masuk dalam kategori penyakit terbesar ke 9 dari 50 peringkat jenis penyakit pada pasien Rawat Jalan di seluruh Puskesmas di Indonesia. Survey yang dilakukan di Jakarta menunjukkan dari 1.645 responden yang terkena Gastritis mencapai 60%. Faktor resiko terjadinya penyakit gastritis diantaranya adalah setres, pola makan yang tidak teratur dan makan makanan yang mengiritasi lambung. Pengetahuan tentang penyakit ini sangatlah penting terutama bagi penderita Gastritis, sehingga diharapkan dengan adanya  Health Literacy dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang gastritis. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross Sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Simple Random sampling pada masyarakat Desa Muktiharjo Kabupaten Pati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner yang diberikan sebagai pre-test  kemudian responden diberikan Health Literracy dalam bentuk brosur, lalu setelah itu diberikan kuisioner kedua sebagai post-test. Data dianalisis dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan p value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan bermakna pada pengetahuan antara sebelum dan sesudah  pemberian  Health Literacy (Brosur). Perbedaan tersebut juga terlihat pada peningkatan pengetahuan masyarakat di Desa Muktiharjo Kabupaten Pati setelah diberikaln brosur.


Keywords


Brosur; Gastritis; Health Literacy; Pengetahuan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract viewed : 950 times | PDF files downloaded : 867 times

References


Andarmoyo, S. (2015). Pemberian pendidikan kesehatan melalui media leaflet efektif dalam peningkatan pengetahuan perilaku pencegahan tuberkulosis paru di Kabupaten Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. FKIP Universitas Muhammadiyah: Ponorogo. p. 600-605

Diliyana,Y. F. & Utami, Y. (2020). Hubungan pola makan dengan kejadian gastritis pada remaja di wilayah kerja Puskesmas Balowerti Kota Kediri. Journal of Nursing Care & Biomolecular. Vol 5 (1). p. 19-24.

Dipiro J.T., Wells B.G., Schwinghammer, T.L. & DiPiro, C.V. (2015).

Pharmacotherapy : APathophysiological Approach 9th Edition. Mc Graw Hill Company Inc.: New York.

Haryani, S., Sahar, J. & Sukihananto (2016). Penyuluhan kesehatan melalui media cetak berpengaruh terhadap perawatan hipertensi pada usia dewasa di kota Depok.

Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol 19 (3), p. 161-168

Jauharie, A. P., Anggraeni, N. D. & Novianry, V. (2016). Pengaruh promosi kesehatan dengan media leaflet terhadap peningkatan pengetahuan tentang persalinan preterm. Disertasi tidak diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjung Pura: Pontianak.

Rikesdas. (2013). Riset kesehatan dasar: Kementrian RI. Balitbang: Jakarta. Maulana, H. (2012). Promosi kesehatan. Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Mulat, T.C. (2016). Tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap penyakit gastritis di wilayah kerja Puskesmas barombong kots Makasar. JKSHSK. Vol.1(1), p.874-883

Mustafa, B. (2012). Promosi jasa perpustakaan. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.

Nasution, N.A.H (2010). Efektivitas media promosi kesehatan (leaflet) dalam perubahan pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang inisiasi menyusui dini (IMD) dan ASI eksklusif di kecamatan padangsidimpuan selatan kota padangsimpuan. Pasca Sarjana FKM USU: Medan

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu perilaku kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Putri, A. T., Rezal F & Akifah. (2017). Efektivitas media audio visual dan leafllet terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan tentang pencegahan penyakit gastritis pada santriwati di pondok pesantren hidayatul putri dan ummusshabri kota kendari 2017. Jimkesmas : Vol.2 (6).p.1-11

Rahmawati, A., Pujiastuti, E. & Sugiarti, L. (2018) Edukasi kesehatan farmasi rematik di Desa Nganguk Kota Kudus. Jurnal Pengabdian Kesehatan. Vol. 1(1), p. 16- 21.

Romdhoni, A. (2013). Al-Qur’an dan Literasi : sejarah rancang- bangun ilmu-ilmu keislaman.Lieratur Nusantara : Depok

Setyawan, I. A. (2018). ‘Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi’. Online: gurudigital.id.

Sukarmin. (2012). Keperawatan pada sistem pencernaan. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Sulastri, Siregar, M. A. & Siagian, A. (2012). Gambaran pola makan penderita gastritis di wilayah kerja puskesmas kamapar riau Tahun 2012. Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi. Vol. 1(2), p. 1-9.

Sriyono, (2015), Pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman masyarakat tentang ikan berformalin terhadap kesehatan masyarakat, Faktor Exacta, Vol.8(1), p.79-91.

Suryono & Meilani, R. D. (2016). Pengetahuan pasien dengan gastritis tentang pencegahan kekambuhan gastritis. Jurnal AKP. Vol. 7 (2), p. 34-39.

Tarigan, Sonia BR. (2018). Hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan terhadap kejadian Gastritis pada pasien Rawat Jalan Poli Penyakit dalam d RSU Mitra Sejati Tahun 2018. [KTI]. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Jurusan Farmasi

Wahyusani, Tina, L. & Jufri, N. N. (2016). Analisa faktor kejadian penyakit gastritis pada petani nilam di wilayah kerja puskesmas tiworo selatan Kab. Muna Barat Desa Kasimpa Raya Tahun 2016. Jimkesmas. Vol. 1(4), p. 1-12.

World Health Organization. (2005). Promoting mental health: concepts, emerging evidence, practice: a report of the world health organization, departemen of mental health and substance abuse in collaboration with the victorian health promotion foundation and the University of Melbourne. World Health Organization: Geneva.




DOI: https://doi.org/10.31596/cjp.v5i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.